Download Video TechView and Download Video New Technology and Tutorial

Materi Pembelajaran Basis Data XI KD 3.6 – Record Field dan table

BAHAN AJAR
BASIS DATA
Kelas XI   Semester 1
Alokasi Waktu 8 X 45 M   Tanggal ……………………………..
  1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Kompetensi Inti

3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan  metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

  • Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.  Meganalisis record, table  dan field   Menjelaskan tentang field, record, table dan basis data.Menganalisis tentang field, record, table dan basis data.  
4.6. Membuat record, table dan field 4.6.1 Merancang struktur basis data yang terdiri dari  beberapa field, record dan tabel. 4.62 Membuat struktur basis data yang terdiri dari  beberapa field, record dan tabel.
  • Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti Kegiatan Pembelajaran melalui proses pengamatan, diskusi, dan percobaan yang dilakukan secara berkelompok dengan jujur dan tanggung jawab,  peserta didik dapat

  1. Menjelaskan tentang field, record, table dan basis data.
  2. Menganalisis tentang field, record, table dan basis data.
  3. Merencanakan struktur basis data sederhana yang terdiri dari beberapa tabel.
  4. Membuat struktur basis data yang terdiri dari beberapa tabel
  5. Materi Pembelajaran
  6. Basis data
  7. Table
  8. Record
  9. Field
  • Uraian MateriPengertian

Data Value/Nilai Data : Adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data, elemen, atau atribut. Contoh Nilai data : Misalkan pada sebuah atribut nama siswa, atribut tersebut menunjukan tempat dimana informasi nama siswa disimpan, maka contoh nilai datanya adalah Lewandowski, Ronaldo, Gonzales, dll.

Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan di isikan.

Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. 

Tabel adalah merupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. 

Basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat bersarang/berkumpul. Sedang data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia.

Basis data dapat diartikan juga berbasiskan pada data, tetapi secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data-data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi.

Ket:

  1. Record
  2. Field
  3. Value
  • Tingkatan Dalam Database

Dalam suatu sistem database relasi, data yang tersimpan dalam DBMS mempunyai

tingkatan-tingkatan, sebagai berikut :

            Keterangan:

  1. Karakter (Characters)

Merupakan bagian terkecil dalam database, dapat berupa karakter numerik (angka 0 s.d 9), huruf ( A – Z, a – z) ataupun karakter-karakter khusus, seperti *, &. %, # danlain-lain.

  •  Field atau Attribute

Merupakan bagian dari record yang menunjukkan suatu item data yang sejenis, Misalnya : field nama, file NIM dan lain sebagainya. Setiap field harus mempunyai nama dan tipe data tertentu. Isi dari field di sebut Data Value. Dalam tabel

database, field ini disebut juga kolom.

  • Record atau Tupple

Tuple/Record adalah kumpulan data value dari attribute yang berkaitan sehingga dapat menjelaskan sebuah entity secara lengkap. Misal : Record entity mahasiswa adalah kumpulan data value dari field nobp, nama, jurusan dan alamat per-barisnya. Dalam tabel database, Record disebut juga baris.

  •  Table/Entity

Entity merupakan sesuatu yang dapat diidentifikasi dari suatu sistem database, bisa

berupa objek, orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya akan disimpan dalam database. Misal. Pada sistem database akademik, yang menjadi entity adalah, mahasiswa, dosen, matakuliah dan lain-lain. Dalam aplikasi, penggunaan istilah Entity sering di samakan dengan istilah Tabel. (Entity = table). Disebut tabel, karena dalam merepresentasikan datanya di atur dalam bentuk baris dan kolom. Baris mewakili 1 record dan kolom mewakili 1 field. Dalam sistem database tradisional, entity/table ini disebut juga dengan file.

  • Database

Kumpulan dari tabel-tabel yang saling berelasi, disusun secara logis, sehingga menghasilkan informasi yang bernilai guna dalam proses pengambilan keputusan.

  • Komponen-komponen Sistem Basis Data ( Database )
    Basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file atau tabel yang saling berhubungan dan Database Management System ( DBMS ) yang memungkinkan beberapa pemakai untuk mengakses dan manipulasi file-file tersebut (Fathansyah,1999 ). Dalam Sistem Basis data memiliki beberapa komponen yaitu:
  • Perangkat Keras ( Hardware )
    Perangkat keras yang biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah memori
    sekunder hardisk.
  • Perangkat Lunak (Software)
    Perangkat lunak, dalam hal ini DBMS, berfungsi sebagai aplikasi untuk mengelola database.

Selain intu juga ada sistem operasi yang merupakan program yang mengaktifkan atau
mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan
melakukan operasi-operasi dalam komputer.

  • Data

Merupakan komponen yang akan diolah sehingga bernilai informasi dan dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan.

  • Pengguna (User)

Pengguna database

  • Langkah-langkah membangun database

Langkah Membangun Database

  1. Tentukan tujuan / tema database

Inilah langkah dasar yang harus ditentukan. Dengan memahami langkah ini, maka salah satu pondasi dasar database telah selesai Anda buat. Dengan demikian, kita tinggal memikirkan apa saja yang kita butuhkan untuk membangun database ini.

  •  Tentukan table-table yang diperlukan

Sebagaimana membuat bangunan rumah, setelah selesai membuat sketsa, tentulah menentukan bahan bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan sketsa tersebut menjadi bangunan jadi yang diinginkan. Pada database, bahan dasar untuk membangun database adalah table. Bertanyalah kepada user (pengguna) yang hendak menggunakan database Anda, apa yang sebenarnya mereka kehendaki dari database yang akan Anda buat.

Uraikan secara detail output atau laporan yang akan mereka butuhkan didalam database yang akan Anda buat. Kumpulkan sketsa dan format apa saja yang mereka kehendaki. Buatlah sketsa database menggunakan pensil atau ballpoint didalam kertas kosong, dimana didalam sketsa ini memperlihatkan table-table yang kira-kira akan diperlukan nantinya. Semakin banyak daftar informasi yang telah Anda terima dari mereka (user) akan memudahkan perancangan awal pembuatan database.

  • Tentukan field-field yang dibutuhkan didalam masing-masing table

Masing-masing table mempunyai field-field yang harus Anda tentukan. Sebagai contoh, Anda telah menentukan table Daftar Supplier, tentu saja didalam table ini harus memuat data-data seperti: Nomor Supplier, Nama Supplier, Alamat Supplier, Nomor Telepon Supplier, dan lain-lain. Maka disinilah field-field tersebut dibuat, dan janganlah terburu-buru menyelesaikan langkah ini. Pikirkanlah kembali, benarkah hanya field-field tersebut yang Anda butuhkan.

Ketentuan membuat field:

  1. Janganlah ada suatu field yang merupakan hasil perhitungan dari field-field lainnya didalam table.
  2. Jangan menambahkan field-field yang sifatnya daftar suatu materi didalam table utama. Contoh, Anda menambahkan field daftar produk yang Anda pesan dari supplier didalam table Daftar Supplier yaitu field Produk1, field Produk2, dan field Produk3
  3. Jangan pula menambahkan field-field statis yang sama didalam beberapa table yang berbeda.
  4.  Identifikasi field-field yang akan menjadi kunci

Setelah membuat table, tentukanlah field-field yang akan menjadi kunci (primary key dan foreign key). Primary key berguna agar data didalam table tidak duplikat atau double, sedangkan foreign key berguna untuk menghubungkan field primary key didalam table master ke suatu field pada table detail. Tambahkan pula index kedalam beberapa field yang ditentukan, baik index jenis Duplicate OK ataupun No Duplicate.

Field kunci, baik primary key maupun foreign key serta index harus ditentukan sejak awal, dengan demikian design database pada langkah berikutnya akan mudah. Khusus untuk primary key jenis number, sebaiknya menggunakan type AutoNumber (Long Integer) agar user tidak perlu menginput lagi.

  • Tentukan relationships antara masing-masing table

Setelah Anda membuat field kunci, maka hubungkanlah kunci-kunci ini dengan suatu hubungan yang Anda tentukan, yaitu melalui relationships yang telah disediakan oleh Access (pelajari kembali relationships yang sudah penulis jelaskan pada pelajaran sebelumnya). Ingat! Pembuatan database tanpa relationships seperti membuat database model flat (bukan RDBMS), sehingga maintenance data akan sulit nantinya. Dan memang salah satu keunggulan Access karena didalamnya terdapat fasilitas pembuatan relationships yang sangat baik.

  • Membuat Struktur tabel dari ERD

Langkah-langkah

  1. Setiap Himpunan Entitas ditransformasikan sebagai sebuah tabel
  2. Relasi dengan derajat satu ke satu yang menghubungkan 2 himpunan entitas akan ditransformasikan kedalam bentuk penyertaan atribut-atribut relasi ke salah satu himpunan entitas
  3. Relasi dengan derajat satu ke banyak yang menghubungkan 2 himpunan entitas akan ditransformasikan kedalam bentuk penyertaan atribut-atribut relasi ke himpunan entitas yang derajat relasinya banyak (many)

Ketentuan-ketentuan penyertaan atribut

  • atribut-atribut relasi akan disertakan ke himpunan entitas yang mempunyai derajat relasi minimumnya yang lebih besar atau
    • atribut-atribut relasi akan disertakan ke himpunan entitas yang mempunyai jumlah record yang lebih sedikit
  • Relasi dengan derajat banyak ke banyak yang menghubungkan dua himpunan entitas , maka atribut-atribut relasi akan ditransformasikan menjadi sebuah tabel
  • Membuat basis data dengan Microsoft office Access
  • Langkah-langkah membuat database:
  • Buka program Microsoft Access, dengan cara:
    –    Klik Start
    –    Klik Programs, klik Mocrosoft Office
    –    Klik Microsoft Access 2007

  • Untuk membuat database baru, Klik Blank Database, disebelah kanan akan tampil dialog Blank Database.
  • Tentukan Nama file dan lokasi penyimpanan database yang terletak disebelah kanan bawah.

CATATAN: untuk memberi nama database, tidak diperbolehkan memakai spasi, jika ingin memberi jedah, gunakan “_” untuk memisahkan nama file tersebut.Contoh:database_anak_IDA04 atau DatabaseAnakIDA04.

  •  Kemudian klik tombol create. Selanjutnya akan tampil lembar kerja database.
  • Membuat Table:
  • Klik tab menu Create
  • Klik Table Design
  • Maka akan muncul tampilan Table Design

Lalu Klik kanan pada nama table kemudian pilih design view,dan selanjutnya buat nama. 

  • Isi kolom-kolom di Field name, Data Type, Description.
    Keterangan:
  • Field name  : merupakan kolom untuk menuliskan nama field yang akan dipesan
  • Data Type    : untuk menentukan jenis data, apakah datanya berupa abjad, angka, tanggal, dst
  • Description : tidak harus diisi hanya berupa keterangan yang kita tulis yang berhubungan dengan nama field
  • Field properties    : untuk menentukan ukuran dari panjang field, format data, judul field, validasi dll.

untuk melakukan download materi format dox dan PDF silahkan klik link dibawah ini
Download Materi Basis Data Kd .3.6 Field Record dan Table Lengkap

Comments

comments